Jelaskan Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi

PPT ATMOSFER PowerPoint Presentation, free download ID4030232
PPT ATMOSFER PowerPoint Presentation, free download ID4030232 from www.slideserve.com

Pendahuluan

Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti bumi. Lapisan ini memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan kehidupan di bumi. Dalam artikel ini akan dibahas manfaat atmosfer bagi kehidupan di bumi.

Menjaga Suhu Bumi

Atmosfer berperan dalam menjaga suhu bumi agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Gas-gas di atmosfer menyerap radiasi matahari dan memantulkannya kembali ke luar angkasa, sehingga suhu bumi tidak meningkat secara drastis. Hal ini memungkinkan kehidupan di bumi tetap bertahan.

Menjaga Kehidupan Makhluk Hidup

Atmosfer juga berperan dalam menjaga kehidupan makhluk hidup di bumi. Oksigen yang terdapat di atmosfer sangat penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Oksigen digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan untuk beraktivitas. Selain itu, atmosfer juga menyaring radiasi berbahaya dari matahari yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup.

Menjaga Kehidupan Tumbuhan

Atmosfer juga berperan dalam menjaga kehidupan tumbuhan di bumi. Karbon dioksida yang terdapat di atmosfer sangat penting bagi proses fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan mengambil karbon dioksida dari atmosfer dan menghasilkan oksigen, sehingga siklus oksigen di bumi terjaga dengan baik.

BACA JUGA :   Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Pencernaan

Mencegah Bencana Alam

Atmosfer juga berperan dalam mencegah bencana alam seperti badai, tornado, dan angin kencang. Lapisan atmosfer membantu menghambat gerakan angin dan membuatnya tidak terlalu kencang. Hal ini membuat bencana alam yang disebabkan oleh angin menjadi lebih jarang terjadi.

Menjaga Kestabilan Iklim

Atmosfer juga berperan dalam menjaga kestabilan iklim di bumi. Gas-gas di atmosfer menyerap radiasi matahari dan memantulkannya kembali ke luar angkasa, sehingga suhu bumi tidak meningkat secara drastis. Hal ini memungkinkan iklim di bumi tetap stabil dan tidak terlalu ekstrem.

Menjaga Kualitas Udara

Atmosfer juga berperan dalam menjaga kualitas udara di bumi. Atmosfer menyaring partikel dan gas berbahaya dari udara sehingga udara yang kita hirup menjadi lebih bersih dan sehat. Namun, perkembangan industri dan transportasi yang semakin pesat membuat kualitas udara di beberapa daerah menjadi buruk.

BACA JUGA :   Manfaat Bunga Belimbing Wuluh Dan Gula Batu

Menjaga Kestabilan Ketinggian

Atmosfer juga berperan dalam menjaga ketinggian di bumi. Tekanan atmosfer di permukaan bumi membuat benda-benda tetap berada di permukaan bumi. Hal ini memungkinkan kehidupan di bumi tetap stabil dan tidak terganggu oleh perubahan ketinggian.

Kesimpulan

Atmosfer memiliki peran penting bagi kehidupan di bumi. Atmosfer menjaga suhu bumi, menjaga kehidupan makhluk hidup, menjaga kehidupan tumbuhan, mencegah bencana alam, menjaga kestabilan iklim, menjaga kualitas udara, dan menjaga kestabilan ketinggian di bumi. Kita perlu menjaga kelestarian atmosfer agar kehidupan di bumi tetap berlangsung dengan baik.

Check Also

Red Flag dalam Hubungan Artinya Apa? Kenali Ciri-Cirinya, Jangan sampai Terjebak!

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam hubungan akan selalu ada hal-hal yang menyedihkan. Tetapi, kebahagiaan seharusnya masih menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *