Lirik Lagu Taylor Swift Dijadikan Kajian Mata Kuliah Sastra di Perguruan Tinggi

Seperti kita ketahui, mega bintang Taylor Swift jarang luput dari berita utama, entah itu berita mengenai tur terbarunya atau spekulasi tentang kekasih terbarunya. 

Elly McCausland, profesor Sastra Inggris di Universitas Ghent di Belgia, mengaku sebagai ‘Swiftie,’ sebutan bagi penggemar penyanyi tersebut. Tahun ini, dia mengajar lirik Taylor Swift bersama karya penyair seperti Sylvia Plath, Geoffrey Chaucer dan William Shakespeare dalam mata kuliah untuk mahasiswa pascasarjana atau Master.

“Saya punya ide untuk mata kuliah ini sebenarnya tahun lalu, pada musim gugur, ketika Taylor Swift merilis album ‘Midnights.’ Dalam album ‘Midnights’ itu ada lagu berjudul ‘The Great War,’ dalam ‘The Great War,’ dia berbicara tentang suatu hubungan dan dia menggunakan simbolisme dan ikonografi Perang Dunia pertama untuk berbicara tentang suatu hubungan, hubungan ya jelasnya.ng sulit, trauma hubungan. Dan saya mulai berpikir tentang perbandingan yang bisa kita buat antara teks itu dan puisi-puisi lainnya,”

BACA JUGA :   Kemenhan: Penundaan Pembelian 12 Jet Tempur Mirage Turunkan Kapasitas Pertahanan Udara

Universitas lain juga menyadari potensi lirik bintang pop tersebut untuk menginspirasi mahasiswa. Universitas Texas di Austin menawarkan mata kuliah sastra untuk mahasiswa tingkat sarjana tahun lalu.

Kembali Profesor Elly McCausland menjelaskan,“Saya pikir sangat penting agar sastra tetap segar dan kita memberi mahasiswa perspektif baru karena sastra adalah benda hidup dan penerimaannya selalu berubah. Jadi mengapa tidak membandingkannya dengan seniman modern?.”

Para mahasiswa setuju. Elizabeth adalah salah seorang yang mendukung gagasan itu.

“Salah satu alasan saya memilih mata kuliah ini juga karena saya merasa kita belajar banyak hal menarik tentang sastra, namun semuanya berasal dari masa lalu. Saya ingin ada hubungan dengan masa kini, dan menurut saya mata kuliah ini akan membantu dalam hal itu. Jadi, saya pikir sangat baik jika orang-orang seusia saya melihat bahwa hal itu juga masih penting hingga saat ini,” jelasnya.

BACA JUGA :   Satu Lagi Pentolan Proud Boys Divonis 18 Tahun Penjara atas Serangan ke Kongres AS

Taylor Swift selalu enggan membahas kehidupan pribadinya di depan umum, tetapi ada rumor yang beredar tentang hubungan superstar pop itu dengan Travis Kelce, seorang pemain football Kansas City Chiefs yang populer.

Pemenang Grammy Award 12 kali itu memanfaatkan undangan dari All-Pro untuk menyaksikan Kansas Chiefs bermain melawan Chicago Bears di kandangnya di Stadion Arrowhead di Kansas City pada hari Minggu (24/9).

Swift mengenakan pakaian merah dan putih saat menonton bersama ibu Kelce, Donna, dari salah satu ruang yang tertutup kaca.

Dia juga menyaksikan pertandingan yang baik. Kelce meraih umpan 3 yard untuk touchdown (goal) pada kuarter ketiga, dan juara bertahan Super Bowl itu meraih kemenangan 41-10.

Kelce tidak berbicara kepada wartawan setelah pertndingan, tapi dia terlihat meninggalkan Stadion Arrowhead bersama Taylor Swift.

Kini Taylor Swift sedang beristirahat dari Eras Tour, yang akan dilanjutkan pada 9 November di Buenos Aires, Argentina. [lt/my]

BACA JUGA :   Biden Bahas Perubahan Iklim Global dengan Pemimpin APEC

Check Also

PBB Peringatkan Adanya ‘Ledakan’ Kematian Anak-anak di Gaza

BACA JUGA :   Perlukah Hari Solidaritas Hijab Internasional?